JARINGAN KOMPUTER


Jaringan (network) dapat di artikan sebuah sistem operasi yang terdiri atas beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.


MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

-Berdasarkan Geografisnya
 1.LAN 

LAN adalah singkatan dari Local Area Network,yang merupakan jaringan yang hanya mencakup daerah yang kecil saja ,contoh:warnet ,kantor,,maupun sekolah.

Jaringn LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3.Ether yang mempunyai kecepatan 10,100 bahkan 1000MB/s.dan tdak sedikit yang menggunakan teknologi nirkabel seperti w-fi untuk LAN.

2.MAN

MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network  merupakan jaringsn yang mencakup satu kota dengan kecepatan tranfer yang tinggi.dengan jangkauan ekitar 10-50 KM.dan hanya terdiri dari dari satu atau dua kabel tidak menggunakan switching  dengan rancangan menjadi simple.

3.WAN 
WAN adalah singkatan dari Wide Area Network sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.

-Berdasarkan Fungsinya

1. Client-server

Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi  (server) dari komputer lainnya yang sebagai  (client).

 2.Peer-to-peer

Jaringan yang menghubungkan 2 komputer secara langsung menggunakan kabel UTP.satu kedua komputer bisa menjadi server maupun client.

-Berdasarkan Topologi

1. Topologi Bus 
2.Topologi Bintang 
3.Topologi Cincin
4.Topologi Mesh
5.Topologi Pohon
6.Topologi Linier

-Berdasarkan Distribusi SUmber Informasi/Data

1. Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan server yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber data yang berasal dari satu komputer server.

2. Jaringan terdistribusi 
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

-Berdasarkan Media Transmisi Data

  1. jaringan berkabel
    Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan.Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
  2. jaringan nirkabel
    Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektronik Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.
  daftar pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

langkah langkah konfigurasi DNS server

mengenal GNS3

mnggunakan zoiper untuk berkomunikasi di linux mint