pengertian Virtual Access Point

Assalamualaikum wr.wb hai!!! apa kabar semua hari ini semoga kalian semua pada sehat selalu!! Oke pada kali ini saya akan sharing tentang pengertian Virtual Access Point
 
Virtual Access Point (VAP) pada Mikrotik adalah interface virtual yang dapat digunakan untuk membuat beberapa Access Point dari satu interface Wireless fisik. Jadi hanya dengan satu interface Wireless fisik saja kita dapat membuat banyak Access Point dengan SSID, IP address, dan MAC Address yang berbeda tiap AP nya. 
Virtual Access Point pada Mikrotik juga dapat menggunakan DHCP Server pada masing VAP nya. Selain itu kita juga bisa mengatur firewall pada interface VAP ini. Fitur tersebut sama seperti pada Virtual LAN (VLAN) pada jaringan kabel. 
Contoh penggunaan Virtual Access Point Mikrotik misalnya ketika anda hendak membuat dua buah hotspot pada kantor anda, dimana satu hotspot digunakan sebagai hotspot khusus karyawan, sedangkan satunya khusus untuk tamu kantor. Anda dapat membuat hal tersebut hanya dengan sebuah Mikrotik yang memiliki satu interface wireless fisik. Tentu saja dengan memanfaatkan fitur VAP ini.
 
sekian dari saya semoga bermanfaat....:))))))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

langkah langkah konfigurasi DNS server

mengenal GNS3

mnggunakan zoiper untuk berkomunikasi di linux mint